Khasiat dan Manfaat Buah Manggis

Iklan

Iklan tengah

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah tanaman hijau berbuah yang berasal dari daerah tropika. Buah manggis mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Nahh berikut ini min akan berbagi info mengenai Khasiat dan Manfaat Buah Manggis. Semoga bisa menambah khasanah pengetahuan kita semua.

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis

Buah manggis terutama pada kulitnya, mengandung zat antioksidan yang sangat kuat bahkan lebih kuat beberapa kali lipat dari kekuatan vitamin C dan E. Sehingga buah manggis terkenal bisa memberikan berbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalahKhasiat dan Manfaat Buah Manggis :

  • Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Manggis juga mengandung xanthone, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Kandungan xanthone yang tertinggi berada pada kulit buahnya, yaitu sebanyak 40 persen. Dimana, Xanthone adalah suatu substansi kimia alami, yang tergolong dalam senyawa polyhenolic yang bisa dimanfaatkan sebagai zat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, seperti untuk penyembuhan penyakit jantung, mengatasi aterosklorosis atau plak di pembuluh darah, trombosis dan hipertensi. Kandungan Xanthone juga dapat membunuh berbagai penyakit dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel yang ada di dalam tubuh.
  • Buah manggis mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga manggis ini dikenal sebagai anti-kanker. Sebab, manggis dapat mendorong sel kanker untuk melakukan pemusnahan sel kankernya atau apoptosis. Selain itu, kulit manggis juga bersifat anti-proliferasi artinya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker yang dapat diatasi dengan antioksidan dari kulit manggis ini seperti kanker darah (leukimia), kanker paru-paru, kanker lambung, kanker kolon (usus besar) dan kanker hati. Kulit buah manggispun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi. Kandungan xanthone juga berguna sebagai anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium penyebab tubercolosis (TBC) dan bakteri Staphylococcus aureus yaitu bakteri penyebab infeksi dan gangguan pada pencernaan.
  • Buah manggis dengan kandungannya senyawa xanthone, yang dapat melawan radikal bebas. Xhantone ini juga bermanfaat baik untuk mengikis endapan yang ada di dalam tubuh seperti menumpas tuntas batu ginjal, kemudian leburan batu ginjal tersebut akan terbuang bersama aliran urine, juga dapat mengatasi penyakit ginjal dan melanoma serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kandungan xanthone dalam buah manggis ini juga memiliki sifat sebagai anti-diabetes, anti-kanker, anti-peradangan, anti-bakteri, anti-fungi, dan anti-plasmodial. Dan manfaat lain yang bisa diperoleh dari kulit buah manggis adalah untuk menyembuhkan sariawan dan bibir pecah-pecah.
  • Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam kulit buah manggis juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam akibat sinar matahari, mencegah keriput serta membantu peremajaan kulit.

Nahh itulah Khasiat dan Manfaat Buah Manggis, semoga bisa bermanfaat.

Http://cintai-perempuan .Blogspot.Com/

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Buah Manggis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel