Khasiat dan Manfaat Temulawak

Iklan

Iklan tengah

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan herbal dan rempah yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Temulawak ini tanaman asli dari Indonesia, ia mirip dengan kunyit karena rimpangnya atau daging umbinya yang berwarna kuning. Tapi temulawak berukuran lebih besar dan teksturnya lebih kasar daripada kunyit. Temulawak memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, karena tanaman ini mengandung senyawa kimia berupa fellandrean serta turmerol yang disebut dengan minyak menguap. Yang salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut yang kembung, indisgestion dan dyspepsia.

Khasiat dan Manfaat Temulawak

Berikut Khasiat dan Manfaat Temulawak :

1. Mencegah Reumatik & Asam Urat

Temulawak mengandung kurkumin atau anti inflamasi yg berfungsi sebagai anti peradangan alami, sebagai akibatnya temulawak bisa membantu mencegah dan mengatasi peradangan sendi atau reumatik juga bisa mencegah terhadap serangan asam urat.

2. Memelihara Fungsi Hati

Temulawak memiliki efek farmakologi buat mencegah penyakit hati atau hepatoprotektor & menjadi anti hepototoksik yaitu anti keracunan dalam empedu. Temulawak pula mengandung zat kalagoga. Dimana kalagoga ini berfungsi buat membantu merangsang tubuh buat mengosongkan kantung empedu & menaikkan produksi empedu. Sehingga fungsi hati permanen terpelihara.

3. Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Penyakit jantung dan stroke merupakan jenis penyakit yg disebabkan sang adanya penggumpalan darah di pada tubuh, yang mengakibatkan darah sulit tersebar & mengalir dalam tubuh. Temulawak bisa menjadi solusi untuk kasus jantung & stroke, karena temulawak memiliki khasiat sebagai pengencer darah pada pembuluh darah sehingga darah tidak lagi menggumpal dan bisa memperlancar genre darah.

5. Menurunkan Kolesterol

Sari temulawak mengandung kurkuminoid & trigliserida yang sanggup menurunkan kadar kolesterol dursila & membantu mempertinggi kadar kolesterol baik (HDL). Sehingga mampu menurunkan lemak dalam darah & bisa membersihkan darah.

6. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Temulawak jua mengandung zat tepung, kurkumin & minyak astiri yg cukup tinggi, sebagai akibatnya dapat bermanfaat buat menaikkan kerja ginjal & menjadi peluruh kencing atau diuretik.

7. Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Temulawak yang sudah dijadikan serbuk, dapat membantu meningkatkan aktivitas cairan didalam lambung sehingga bisa membantu melancarkan proses metabolisme dan menurunkan terjadinya kontraksi dalam usus halus serta dapat membersihkan lambung dan  memperbaiki fungsi usus besar.

8. Meningkatkan Minat Makan

Minyak atsiri yg terkandung dalam temulawak bersifat karminativum yg berfungsi buat mempertinggi minat makan. Temulawak pula bermanfaat menjadi asal karbohidrat yang jua bisa menigkatkan berat badan.

9. Menyembuhkan Wasir

Temulawak berguna buat memelihara organ pencernaan, sehingga dapat membantu menyembuhkan wasir atau ambeien. Sebab wasir terjadi karena adanya luka dalam usus akbar, sebagai akibatnya saat mengejan, darah tertahan dan menimbulkan pembengkakan dalam pembuluh darah.

10. Untuk Kesehatan Kulit & Wajah

Kandungan kurkumin pada temulawak sanggup pula berfungsi menjadi antioksidan, yang dapat membantu tubuh menangkap radikal bebas oksigen & radikal hidroksil sebagai akibatnya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit wajah, seperti mengatasi jerawat & keriput dalam kulit.

11. Sebagai Pengusir Nyamuk

Khasiat lain dari temulawak adalah sebagai pengusir nyamuk terutama nyamuk demam berdarah (Aedes aegyp), karena temulawak mengandung senyawa beracun yaitu  linelool dan geraniol yang merupakan golongan fenol yang bisa mengatasi atau menolak nyamuk Aedes aegypt.

Khasiat dan Manfaat Temulawak lainnya adalah mengatasi anemia, pencegah kanker, antimikroba, menghilangkan rasa nyeri saat haid dan bisa memperlancar ASI.

Nahh itulah Khasiat dan Manfaat Temulawak, semoga bisa bermanfaat.

Http://cintai-wanita.Blogspot.Com/

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Temulawak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel