Khasiat dan Manfaat Tomat

Iklan

Iklan tengah

Buah tomat atau Licopersicum esculentummerupakan buah asli amerika tengah dan amerika selatan. Pada umumnya, masyarakat mengenal buah tomat ini hanya sebagai bahan sayur dan untuk dibuat jus. Padahal tomat memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Nah berikut ini min akan menguraikan Khasiat dan Manfaat Tomat untuk kesehatan dan kecantikan.

Khasiat dan Manfaat Tomat

Buah Tomat memiliki kandungan vitamin A, B6, C, K, folat, fosfor, niasin, tiamin, magnesium, kalium dan tembaga. Secara alami tomat adalah buah yang rendah sodium, kalori, lemak jenuh dan kolesterol, dimana semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan dalam menunjang kesehatan tubuh. Berikut ini adalah Khasiat dan Manfaat Tomat, yaitu :

1. Sumber Antioksidan

Tomat sangat kaya akan vitamin A dan C, beta carotene, & lycopene. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan dalam tubuh yg berfungsi melindungi tubuh menurut zat radikal bebas. Dimana, radikal bebas ini sangat berbahaya, bisa mengakibatkan timbulnya banyak sekali macam penyakit, karena secara perlahan radikal bebas dapat menghambat sel jaringan tubuh.

Dua. Menjaga Kadar Gula Darah

Kromium merupakan mineral krusial, yg terkandung pada butir tomat, yang berguna buat menjaga kestabilan tingkat gula darah, sehingga butir tomat baik dikonsumsi sang penderita diabetes agar mampu mengontrol kadar gula pada darah penderita tadi.

3. Mencegah Penggumpalan Darah

Gel berwarna kekuning-kuningan yg membalut biji buah tomat, mengandung zat yg sanggup mencegah terjadinya penggumpalan darah dalam tubuh. Dan sanggup melancarkan aliran darah yg ada pada tubuh dan tubuh tidak akan kehilangan suplai darah, sebagai akibatnya akan terbebas menurut penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah tomat mengandung Kalium dan Vitamin B, yg berguna buat menurunkan kadar kolesterol & tekanan darah. Senyawa-senyawa tersebut juga dapat membantu mencegah penyakit stroke, agresi jantung & penyakit jantung lainnya yg berbahaya.

5. Mencegah Kanker

Buah tomat mengandung lycopene, yang sanggup berfungsi menjadi antioksidan alami yang sanggup mencegah dan merusak pertumbuhan sel kanker. Sehingga tomat berguna buat mencegah aneka macam jenis kanker misalnya kanker prostat & usus besar .

6. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi

Tomat memiliki kandungan Vitamin K, kalium dan kalsium yang berguna buat mencegah & memperbaiki kerusakan tulang dan gigi, dan mencegah osteoporosis.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi tomat secara teratur bisa memperbaiki tekstur & warna kulit. Buah tomat mengandung Beta carotene yg dapat memperbaiki tekstur & warna kulit, & kandungan lycopenenya, bisa melindungi kulit dari paparan sinar surya, mencegah kerusakan dampak sinar UV, yang sebagai penyebab primer timbulnya garis-garis halus & kerutan pada kulit paras.

8. Mengurangi Efek Merokok

Bagi mantan perokok, tomat bisa menjadi pilihan sempurna, sebab tomat mempunyai kandungan asam chlorogenic dan coumaric yg merupakan zat yg mampu melawan karsinogen, yaitu zat berbahaya yang terdapat pada rokok yang sanggup menyebabkan kanker.

9. Mengatasi Anemia

Tomat kaya akan zat besi yg berfungsi krusial dalam menaikkan sel darah merah. Sehingga dengan memakan buah tomat, sanggup mencegah & mengatasi penyakit kurang darah atau kurang darah.

10. Membantu menurunkan demam

Buah tomat mengandung antiperitik. Dimana antiperitik ini merupakan zat-zat yg berfungsi buat menekan suhu badan ketika dalam keadaan demam. Sehingga butir tomat ini memiliki kegunaan buat menurunkan demam.

11. Mencegah wasir & sembelit

Buah tomat kaya akan kandungan serat, sehingga berguna mengatasi gangguan pencernaan, & jika pencernaan lancar & bekerja menggunakan baik, maka nir akan mengalami kasus wasir dan sembelit.

12. Menyehatkan Mata

Tomat adalah makanan yg sempurna buat mempertinggi kemampuan penglihatan Anda. Karena tomat mengandung Vitamin A yang memiliki peran pada memperbaiki penglihatan dan membantu mencegah terjadinya rabun senja.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain buat menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A juga baik buat kesehatan rambut. Sehingga menggunakan rutin mengkonsumsi tomat akan menciptakan rambut tetap kuat & sehat.

Nahhh itulah Khasiat dan Manfaat Tomat, semoga bisa bermanfaat.

Http://cintai-perempuan .Blogspot.Com/

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Tomat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel