Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Iklan

Iklan tengah

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan salah satu buah yang telah lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan khasiat dan manfaat. Buahnya berasa kecut/asam, pahit dan sedikit dingin, namun manfaatnya luar biasa. Pada umumnya orang mengenal buah jeruk nipis sebagai bahan pelengkap bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan, sebagai minuman, penyegar, membersihkan karat pada logam, juga sebagai bahan campuran pada jamu. Berikut Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis selengkapnya.

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini mempunyai kandungan minyak terbang limonene & linalool, dan flavonoid, seperti poncirin, rhoifolin, hesperidine & naringin. Buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine. Selain itu, jeruk nipis pula mengandung asam sitrat, fosfor, besi, kalsium serta vitamin A, B1, & C. Sehingga jeruk nipis sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan.

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis adalah :

  • Asam sitrat yg terkandung pada jeruk nipis, bisa mencegah kambuhnya penyakit batu ginjal dalam pasien selesainya operasi batu ginjal.
  • Kandungan Vitamin C dan bioflavonoid dalam jeruk nipis, memiliki manfaat buat memperbaiki & menigkatkan daya tahan tubuh, dan antioksidannya bisa mencegah timbulnya penyakit kanker. Selain itu, vitamin C merupakan salah satu komponen yg membangun kolagen pada tubuh secara alami.
  • Jeruk nipis mengandung polisakarida non-pati, atau yang disebut serat makanan, yang dapat membantu dalam proses pengosongan lambung. Sehingga jeruk nipis ini, dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Kandungan belerang atau sulfur pada jeruk nipis, menciptakan jeruk nipis bersifat anti-bakteri, pula bersifat astringent yg mampu mengecilkan pori-pori atau fili-fili pada dalam usus. Serta antiinflamasi jeruk nipis sangat bertenaga.
  • Kandungan saponin pada jeruk nipis bisa membersihkan didalam tubuh, jeruk ini akan bekerja misalnya lipase atau empedu. Kandungan saponin ini jua dapat berfungsi buat mengecilkan lemak.
  • Jeruk nipis memiliki sifat detoksifikasi atau sebagai pelarut zat-zat racun yang ada dalam tubuh, yang memang harus dikeluarkan dari tubuh. Jeruk nipis juga berfungsi sebagai zat pelarut, pengatur suhu tubuh dan dapat menyeimbangkan tekanan darah.
  • Jeruk nipis ini, umumnya digunakan sebagai bahan dasar dalam produk-produk kecantikan, lantaran mempunyai kandungan vitamin C dan flavonoid buat antioksidan, sehingga jeruk nipis mempunyai poly manfaat bagi kulit. Dimana, jeruk nipis ini bisa membantu pada merevitalisasikan sel-sel kulit, mengembalikan dan memperbarui sel, serta menguatkan pembuluh darah.
  • Jeruk nipis dapat menaruh hidrasi atau relatif air buat kulit agar kulit kelihatan lebih segar, tetap lembab & tidak kering, mencerahkan & menghaluskan kulit, mengurangi minyak dalam kulit, mengecilkan pori-pori, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam atau flek hitam, dan meremajakan kulit.

Dan khasiat & manfaat jeruk nipis juga merupakan mengatasi batuk, influenza, amandel, ambeien, sakit gigi, darah tinggi, bau badan, batu ginjal, difteri, haid tidak teratur, demam, vertigo, kurap, panu, & masih poly lagi manfaat lainnya. Juga bisa melangsingkan badan, mengatasi ketombe & rambut rontok.

Nahhh itulah Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis, semoga bisa bermanfaat.

Http://cintai-perempuan .Blogspot.Com/

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel